Monday, April 22, 2024

ASET SEKOLAH MERUPAKAN MODAL TERLAKSANANYA PROGRAM SEKOLAH.

 Memanfaatkan Potensi disekolah sebagai sumber yang dapat menunjang program disekolah

Sekolah merupakan satu kesatuan ekosistem yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Ekosistem yang dimaksud dapat dibagi 2 yaitu: 

1. Biotik yang terdiri dari murid, kepala sekolah, guru, TU, wali murid, pengawas sekolah, masyarakat setempat, lembaga instanti terkait dan pemerintah daerah. 

2. Abiotik terdiri dari keuangan, sarana prasarana dan lingkungan alam. Dimana keduannya saling berhubungan dan berperan dalam memajukan dunia pendidikan yang berpihak kepada murid. Didalam melaksanakan program dan kegiatan sekolah pasti membutuhkan sumber dana dan sumber daya lainnya. Adapun sumber daya  modal yang harus dimanfaatkan potensinya antara lain:

a. Modal manusia merupakan aset utama untuk memajukan dunia pendidikan. Memanfaatkan potensi berdasarkan bakat, kemampuan dan keahlian merupakan pemberdayaan potensi sumber daya disekolah. Kegiatan yang dilaksanakan semuanya memanfaatkan potensi warga sekolah sehingga meminimalkan pengeluaran yang menjadi beban kegiatan.

b. Modal Sosial, Hubungan yang baik antar warga sekolah akan menciptakan lingkungan yang kondusif. Saling memahami dan saling mengerti setiap manusia mempunyai kelebihan dibidangnya masing masing. Hubungan sosial kekeluargaan terhadap warga sekolah dan warga disekitar sekolah akan membantu sekolah didalam menciptakan lingkungan yang harmonis.

c. Modal Politik, Pengambilan semua kebijakan haruslah berpihak kepada murid. Pemimpin sebagai penghubung dengan instansi terkait, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, warga sekitar untuk mengadopsi semua yang cocok untuk dilaksanakan disekolah dan untuk kepentingan dunia pendidikan yang berpihak pada murid.

d. Modal Agama dan budaya. Melihat culture yang ada ditempat lokasi sekolah tersebut berada dan Agama sebagai penyaring semua budaya yang kurang baik. Kondisi dan potensi ini lebih mudah dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi generasi muda. Pemanfaatan guru agama didalam kegiatan keagamaan seperti ceramah agama/ kultum sehingga tidak membebani kegiatan yang dilaksanakan.

e. Modal Fisik haruslah menunjang kenyamaan pembelajaran murid, nyaman, aman merupakan hal utama dalam mengembangkan potensi bakat/ kemampuan dan keahlian murid.

f. Modal lingkungan alam merupakan tempat dimana murid harus merasa nyaman, aman, bahagia akan semua aktifitas yang akan dilakukannya. Pemanfaatan sumber lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan baik finansial maupun lainnya harus digali dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.

g. Modal Finansial penunjang semua kegiatan dan kebutuhan sekolah dalam melaksanakan programnya. hal hal yang tidak dicover oleh bantuan dana dari pemerintah, sekolah dapat memanfaatkan sumber lainnya yang disebut diatas sebagai penghasil atau penunjang kegiatan dalam hal finansial. Seperti pengelolaan kantin sebagai sumber daya finansial yang akan digunakan atau menutupi kegiatan yang tidak didanai oleh dana bantuan pemerintah.

Kegiatan sekolah dilaksanakan dan terlaksana atas pemanfaatan aset serta modal yang ada disekolah. Semua program disekolah harus terlaksana dengan baik dan tidak ada alasan kegiatan tidak dapat dilaksanakan karena tidak adanya pembiayaan.

No comments:

Post a Comment