Tuesday, July 14, 2020

PAMERAN SENI RUPA VIRTUAL 2020

PAMERAN SENI RUPA" PEDULI INDONESIA" TAHUN 2020


  Merupakan tekad kita bersama untuk terus berkarya walaupun kondisi tidak memungkinkan berkumpul, bertemu dan melaksanakan kegiatan pameran seni rupa yang mengundang kerumunan massa di masa pademi covid-19. Jalan menuju kebersamaan bisa dengan cara komunikasi dan saling memahami antara kita semua. Apa yang harus kita berikan kepada dunia pendidikan kalau hanya berdiam diri dan melihat apa yang terjadi serta hanya menjadi penikmat jalannya kehidupan saja. Kita maju bersama dan sukses semua, demi dunia pendidikan di Situbondo dan Jawa Timur.
  Di acara kegiatan Pameran Seni Rupa MGMP Seni Budaya Kabupaten Situbondo mendapat respon yang sangat baik oleh kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso meliputi Kabupaten Bondowoso dan Situbondo. Apresiasi yang diberikan oleh Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.Pd kepada peserta pameran ini menjadi penyemangat bagi kami untuk melaksanakan kegiatan serupa. Begitupula yang disampaikan oleh H. Yoyok Mulyadi (Wakil Bupati Situbondo) sangat mengapresiasi pameran ini dan berharap agar kegiatan seperti ini perlu mendapatkan perhatian oleh semua kalangan masyarakat, tidak hanya penikmat seni tetapi dari instansi atau lembaga terkait. Besar harapan beliau kedepan ada pelukis atau seniman muda yang bermunculan dikabupaten Situbondo dan karyanya menjadi koleksi dari kolektor baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kegiatan pameran virtual dibuka oleh wakil bupati Situbondo dengan menorehkan goresan pada kanvas dan dilanjutkan oleh peserta pameran goresan tersebut hingga menjadi lukisan. Pada pameran kali ini tidak ada open art seperti acara pameran yang dilaksanakan sebelumnya, tetapi kami mempunyai tujuan khusus pada kegiatan pameran kali ini.
Adapun tujuan diselenggarakan pameran virtual ini yaitu:
1. Sebagai rasa syukur kepada Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan nikmat kemampuan dan      bakat dalam menuangkan keindahan.
2. Ingin menghibur masyarakat dalam masa pademi covid-19, agar tidak hanya mendengar dan                melihat informasi yang menyeramkan tentang berita pademi ini.
3. Membuka wawasan tentang seni rupa sebagai alat atau media publikasi dan informasi 
4. Melestarikan budaya Nusantara yang selama ini hampir tidak dikenal oleh generasi milineal
5. Sebagai media belajar siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa
6. Untuk memotivasi siswa untuk terus berbuat, berkarya untuk negeri

Pameran seni rupa ini diikuti oleh guru guru seni rupa SMA yang berada di kabupaten Situbondo. Adapun karya yang ditampilkan pada pameran ini :
1. Seni Lukis
karya lukis MGMP seni budaya SMA kabupaten Situbondo












Hasil karya lukisan melanjutkan goresan dari Wakil Bupati Situbondo H. Yoyok  Mulyadi

2. Seni kriya
Karya kriya MGMP seni budaya SMA kabupaten Situbondo







3. Seni Fotografi
Karya fotografi MGMP seni budaya SMA kabupaten Situbondo





Kepanitiaan Pameran Seni Rupa 2020 "Peduli Indonesia"
Pelindung
Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso (H. Sugiono Eksantoso, M.Pd)
Penasihat
Wakil Bupati Situbondo (H. Yoyok Mulyadi)
Pembina
Drs. Nurhidayat Yuliadi, M.Pd
Ketua
Ketua MGMP Seni Budaya SMA Situbondo ( Dwi Pilihan Golkaryadi, S.Pd)
Sekretaris
Wahyu Ferdian, S.Pd
Panitia
Nining Maryani, S.Sn. M.Pd
Sri Setyowati, S.Pd
Moh. Yudik Hairur Rasyid, S.Pd. M.Pd
Uke Indhu Anughrani Putri, S.Pd
Jiefri Gunawan, S.Pd
Andriyanto, S.Pd
Dimas Reza, S.Pd

Selamat Mengapresiasi karya MGMP Seni Budaya SMA kab. Situbondo, semoga yang kami tampilkan bermanfaat untuk semua penikmat seni dan sesama profesi sebagai pendidik. 
Salam seni dan budaya



No comments:

Post a Comment