Friday, December 25, 2020

Kreatifitas ada karena kondisi dan situasi Lingkungan

 Kreatifitas untuk merubah dan membentuk tatanan baru

Pada masa pademi covid-19 dimana setiap orang merasa terbatasi geraknya, namun tidak sedikit pula yang saling menunjukkan kegiatan dimasa pademi melalui media media sosial. Diantara pilihan yang paling gampang dilakukan adalah berkebun atau bercocok tanam. Hal ini sangat mudah dilakukan dan tidak sulit untuk dilakukan. Yang sebelumnya halaman rumah mereka tidak tampak dengan warna warni bunga, karena masa pademi banyak sekali jenis bunga atau tanaman yang tergantung dan tertanam di halaman rumah. Kegiatan baru seperti diatas menjadi dampak yang sangat positif, munculnya kreatifitas karena situasi dan kondisi yang dialami oleh manusia. 

Kreatifitas muncul bisa juga karena ingin mengubah prilaku lama manusia yang dianggap kurang baik, sehingga terbersit untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan kreatif dari kelompok anak muda kelurahan Dawuhan Situbondo mencoba memfungsikan sungai yang kesehariannya untuk tempat mencuci pakaian, mandi, bahkan untuk membuang sampah. Himbauan melalui RT/RW bahkan menggunakan banner sudah dilakukan oleh pihak terkait. Dua atau tiga hari bisa dilihat hasilnya yaitu tidak ada masyarakat dibantaran sungai yang mandi, mencuci dan membuang sampah disungai, namun setelah itu kebiasaan yang kurang baik terjalani lagi. Bukan karena mereka tidak punya kamar mandi atau pemerintah daerah tidak menyediakan tempat WC umum, namun kebiasaan yang kurang baik harus dirubah. Para pemuda kreatif ini menambah fungsi sungai yang sebagai irigasi menjadi tempat wisata dan pusat pertanian ikan. Dibuatnya keramba keramba ikan yang diletakkan ditengah sungai dan menutup akses warga yang akan mandi, mencuci bahkan membuang sampah dengan membuat miniatur miniatur kota, menara menara terkenal untuk dinikmati sebagai pusat rekreasi fotografi.


Miniatur menara eiffel berada ditengah tengah sungai
Pada malam haripun sekarang menjadi tempat rekreasi dan sebagai tempat pasar rakyat yang tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar sungai.



foto pada malam hari
Kreatifitas ada karena kita dipacu keadaan dan berfikir keras bagaimana agar masyarakat tidak kesungai untuk mandi, mencuci bahkan membuang sampah. Apa yang telah dilakukan para pemuda kreatif ini patut diapresiasi dan dicontoh oleh pemuda yang lain. kita tidak bisa melarang masyarakat untuk tidak membuang sampah disungai dengan kalimat atau teguran yang menakutkan, tapi dengan cara yang telah dilakukan pemuda kreatif masyarakat dibantaran sungai sadar dengan fungsi sungai untuk masyarakat lainnya. 2ChoiceG




No comments:

Post a Comment